• Berkas

  • Kategori

  • Foto Collection

    JERAPA BESI

    BLUE & WHITE

    SMILE

    BATMAN IN THE WATER

    BMW F1 Singapore

    Lebih Banyak Foto

NOSTALGIA KIRONG-KIRONG

Sepulang dari apotik untuk membeli obat semalam, istriku yang berada diboncengan sempat bergumam dalam bahasa jawanya ” Lorek mane ” karena melihat beberapa gadis melintas tepat didepan kami dengan menggunakan pakaian yang bercorak garis melintang harizontal dengan warna yang cukup ngenjreng.

Jadi teringant waktu dulu motif ini memang sempat ngetop, tidak ketinggalan pula dikampungku pulau Belitung, yang biasa kami menyebutnya baju model kirong-kirong.

Kenapa disebut model kirong-kirong, menurut pengakuan si pemberi gelar, karena motif tersebut mirip sekali dengan warna yang dimiliki oleh jenis ikan karang.

Apakah pengertian kirong-kirong sama dengan karang yang ada didasar laut ? memang saya sendiri tidak mempunyai data yang cukup otentik, sudah begitu adanya sejak model itu ngetop dikalangan anak muda.

Ditambah lagi bila sipenggunanya dalam jumlah yang banyak lebih dari satu, beriringan percis seperti kelakuan ikan karang.

Mengingat masa dulu dimana baju model ini muncul diera awal tahun 90-an sempat pula saya rasakan dengan mengoleksi beberapa diantaranya.

Apalagi keluaran dari merk ternama seperti Poshboy, Hammer dengan lambang palunya, Osela dengan kodok berpayung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada saat moment lebaran biasanya pada masa itu akan senang sekali menggunakan baju baru, uang jajanpun terpaksa ditabung demi si-kirong-kirong yang lumayan tinggi harganya pada waktu itu.

Pokoknya kebanggan tersendiri bila menggunakan model baju tersebut, mengingat pada saat itu masih tergolong langka, walaupun pada akhirnya menjamur yang membuat pedagang toko terus memenuhi stocknya.

Kemudian sampai model baju itupun hilang dari peredaran, tidak lagi ngetrend seiring dengan berkembang pesatnya dunia fashion khususnya kaum anak muda.

” Pakai kirong-kirong ko die “……….D

Batam, 24 Dec 2007

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: