• Berkas

  • Kategori

  • Foto Collection

    JERAPA BESI

    BLUE & WHITE

    SMILE

    BATMAN IN THE WATER

    BMW F1 Singapore

    Lebih Banyak Foto

TEMAN DAN SEKALIGUS ABANGKU TELAH BERPULANG

Tepatnya ketika hari ini menjelang saya dan istriku akan melaksakan sahur dibulan Ramadhon tahun ini, tiba-tiba kami dikejutkan dengan suara telepon, ya kami kira itu suara telepon dari tetangga yang biasa berbunyi sebagai kode untuk kami saling mengingati kalau terlambat bangun sahur, begitu pula kalau tetangga sebelah belum bangun berarti tugas kami untuk menelpon dengan kode bunyi sebanyak tiga kali.

Tapi di pagi ini, bunyi itu lebih dari tiga kali, jadi dari istriku yang sedang mempersiapkan makanan untuk sahur langsung menuju dan mengangkat telepon, rupanya suara telepon itu dari Ayah Belitung, seperti biasa beliau menanyakan kenapa lama nggak ada kabar, gimana kabar kami dan cucu-cucu tersayangnya.

Setelah kira-kira lama mengobrol, beliau memberi tahu bahwa teman saya kecil “GOGO” sekaligus abang bagi saya, karena memang almarhum lebih tua dari umur saya telah berpulang ke Rahmatullah, Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un, beliau mengatakan sudah tiga hari yang lalu meninggalnya, apakah karena sakit kutanyakan, nggak ada apa-apa, sakit nggak, apa nggak menurut penjelasan beliau.

Seketika kurasakan teringat dengan masa-masa bersama dengan beliau, mulai dari bermain waktu masih kecil dahulu, sampai kami sama-sama merantau ke Jakarta guna mencari pekerjaan sampai terakhir perjumpaan ku dengan beliau tahun 2002 percis ketika kupulang ke Belitung untuk menikah, beliau masih sempat membuatkan janur kuning untuk kami, beliau mengajak teman-teman yang lain untuk membantu ibu ku tugas mencuci piring dan tugas dapur lainnya, memang ada sedikit kebiasaan dikampung ku bahwa kalau ada rekan atau tetangga yang mengadakan hajatan rekan-rekan yang lain dengan tidak diomongin dengan rela pasti membantu.

Sisi yang aku paling senangi dari beliau dan mungkin ini juga akan jadi pelajaran bagi ku, beliau termasuk orang yang banyak mempunyai bakat dan keahlian yang lebih jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain, tapi nasib baik belum berpihak kepada beliau susah sekali mendapatkan pekerjaan, beliau sangat pintar dalam bekarya, mejahit beliau bisa, menggambar atau melukis, bermusik, montir, serta buat kerajinan tangan lainnya beliau sangat mahir sekali,

Ketika masih di Jakarta dahulu beliau sempat kerja ditempat hiburan yaitu jadi design ruangan untuk membuat gambar atau melukis background dinding, menawarkan gambar ke product baju kaos C-59 yang sempat booming waktu jaman itu. Melalui beliau juga aku sempat belajar mencari teman atau bagaimana cara bergaul serta belajar untuk mandiri ketika hidup di Jakarta.

” Ya Allah, dibulan puasa ini hamba memohon kepadaMu, ampunilah segala dosa-dosa bang Gogo, terimalah dan jadikanlah amal baik beliau disisimu, ringankanlah kesedihan dikeluarga beliau,
Ya Allah jadikanlah hal ini menjadi pengingat bagi kami dan hamba yang ditinggalkan untuk selalu ingat dan bersandar hanya kepada Mu Ya Allah.
Kami sadar dengan sesadar-sadarnya bahwa semua akan berpulang kehadapan Mu, untuk itu jadikanlah kami dalam keadaaan Khusnul Khotimah.
Sungguh dibulan yang Agung ini penuh dengan pengapunanMu, curahkanlah dan ampunilah segala kesalahan kami baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.
Berikanlah keselamatan dan kebahagian untuk kami baik didunia maupun diakhirat nanti.
Amin, amin Ya Robbal Alamin.”

Batam,
11 October, 2006

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: