• Berkas

  • Kategori

  • Foto Collection

    JERAPA BESI

    BLUE & WHITE

    SMILE

    BATMAN IN THE WATER

    BMW F1 Singapore

    Lebih Banyak Foto

TUNJUKKAN PASSPORT

Sudah berapa kali kejadian aneh itu terjadi menimpaku, dikala aku akan berangkat tugas kenegara Singapura. Kenapa lantas ternamakan kejadian aneh, hanya disuruh menunjukkan passport ketika akan memasuki kapal ferry cepat yang akan membawa kita ke seberang.

Sepintas memang hanya disuruh menunjukkan passport, terkesan seperti berlebihan kalau itu dianggap kerjaan yang aneh, malah sempat terpikir olehku suatu tindakan yang menyebalkan dan disaat itu hanya geleng kepala yang aku bisa.

Terus kenapa begitu menyebalkan, hanya karena gara-gara menunjukkan passport, oke bisa kumengerti kalau petugas dari keimigrasian yang bertingkah pola seperti itu, tapi ini hanya petugas crew kapal yang mana tugas intinya memeriksa para penumpang masuk sesuai dengan boarding pass yang dimiliki, bukan maksud meremehkan pekerjaan mereka, tetapi lebih kepada effisiensi suatu pekerjaan.

Aku pikir setelah melewati pengecekan keimigrasian sekiranya sudah cukup, karena disitu semua dilakukan, mulai dari pengecekan nama, data pribadi yang lain sampai photo yang terpampang harus dicocokkan dengan wajah asli kita sebagai pemegang passport. Setelah itu baru kita bisa memasuki area menuju ke kapal yang akan mengangkut ke Singapura.

Memang pernah terdengar kejadian tersebut diantisipasi oleh karena suatu waktu ada seorang penumpang yang kedapatan bahwa tidak ada cop meninggalkan negara pada lembar passportnya dan itu kedapatan setelah tiba di imigarsi check negara Singapura.

Penekanan bahwa hal itu kemudian terjadi dan berlaku untuk semua penumpang yang akan meninggalkan wilayah ini, sekali lagi terasa kurang efective dan effisien, mengingat pelimpahan tugas itu sebenarnya harus menjadi urusan petugas imigrasi.

Tentang adanya penemuan perihal diatas dinegara tetangga kita, itu patut dipertanyakan kepada petugas imigrasi, apasih tugas mereka, kok bisa-bisanya sampi lolos, mungkin kerjanya sambil ngobrol jadi nggak sempat untuk mengecop atau sambil makan goreng-gorengan seperti yang aku alami dua hari yang lalu, kalau memang seperti itu, nggak heran banyak para penyamar teroris yang bebas keluar masuk kenegara kita.

Sekali lagi dapat kumengerti apabila memang petugas imigarasi yang melakukan hal itu, sampai sebenar-benarnya procedur apalagi untuk menunjang kelancaran dan membantu rasa aman pada negara, kenapa harus petugas crew kapal, dan akupun masih berpikir positif kalau memang benar hal yang mereka lakukan itu untuk membantu terus dilakukan pengecekan serta mencocokkan data serta photo sesuai dengan pemegang pasport, tapi semua penumpang hanya menunjukkan passport tanpa pernah melihat apa isi passportnya, bisa sajakan passport yang digunakan itu sudah expired atau halamannya sudah habis, atau pasport orang lain yang nemu dipelabuhan, jadi sekali lagi yang memang nggak efective dan effisien.

Jadi terkesan seolah olah kita akan memasuki suatu kawasan yang mana sebelum memasuki daerah tersebut harus menunjukkan kartu pengenal identitas atau seperti seorang polisi yang harus menunjukkan lencananya bila dia sedang memasuki suatu daerah kejadian, sehingga tebebaskan dari hal – hal yang tidak boleh dilakukan oleh warga lain.

Ayo tunjukkan passport !
Show me your passport, Sir !

Batam,
06 January 2006

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: