• Berkas

  • Kategori

  • Foto Collection

    JERAPA BESI

    BLUE & WHITE

    SMILE

    BATMAN IN THE WATER

    BMW F1 Singapore

    Lebih Banyak Foto

TIKUS KECIL SANG PENYELINAP

Siapa yang nggak geram kalau tempat tinggal rumah kita yang sering dilalui oleh kawanan tikus liar, pak tani saja yang hampir tiap waktu menunggu hasil panennya harus bertempur melawan hama tikus itu.

Semula belum terjadi renovasi rumah tinggalku memang di bagian belakang percis sekarang ini telah menjadi dapur, tempat berlalu lalangnya sekawanan tikus-tikus liar mulai dari cicit mencericit sampai yang tua sebesar anak kucing.

Belum bearatap dan berdinding menyebabkan hal yang sangat disenangi oleh mereka, apalagi di malam hari karena aktivitas manusia terhenti, dan disaat itulah mereka berpesta pora mencari makanan yang tersisa , karena memang percis pula ditempat itu semula adalah tempat mencuci piring yang sudah tentu meninggalakan sisa makanan.

Dimana-mana aku dengar dari cerita para tetangga juga, disantronin oleh kawanan tikus itu, sampai-sampai ada yang mengambil tindakan melalui jalan peracunan dengan obat, dan tak pelak suatu hari yang lalu meninggalkan bau yang tak sedap akibat matinya si tikus karena bangkainya acap kali tak ditemukan.

Sekirannya, perenovasian rumah bagian dapurku akan menghilangkan kegusaran ku akan perihal itu, atau paling tidak akan mengurangi kerusakan atau kehancuran akibat ulah kawanan kelompok mereka itu, tapi malah justru menimbulkan perihal baru, tikus-tikus kecil menyelinap masuk dan mulai menggerayangi seluruh sudut rumah ku.

Percis dua minggu yang lalu, persediaan makanan kami berupa Indomie, sewaktu pagi hari sudah kami temukan disudut salah satu pintu dapur, berikut bolongan akibat gigitannya, kemudian kejadian berikutnya disusul dengan ditemukannya beberapa bekas tulang-tulang ayam dan ikan disudut dekat gentong air.

Penasaranpun kian bertambah sehingga membuat aku beserta istri bertindak dengan menambal semua akses keluar masuknya tikus, tapi kejadian berikutnya membuat ku bertambah penasaran, salah satu kaos kaki ku tiga hari yang lalu tepatnya pagi hari, sebangunnya istriku dan menuju kedapur dia temukan sudah berada percis dibawah kulkas.

Akhirnya teka-teki itu sedikit terjawab, percis semalam istriku terjaga akibat batuk yang menghinggapinya, sehingga memaksanya untuk keluar menuju dapur untuk mencari obat, dan ketika itu juga dengan sedikit kaget ia jumpai seekor tikus kecil yang mungkin juga sedikit kaget ketika dengan tiba-tiba bertemu dengan empunya rumah dengan gerakan cepat berlari menjauhi istriku, dikejar lari kedapur, diuber lari kedepan, sampai akhir ia keluar melalui jalur kabel telepon dan antena TV kemudian keluar melalui celah fentilasi pintu depan.

Mungkin selama ini jalur itulah tempat mereka berlalu lalang , kerena semalam ketika pintu belakang dibuka, tikus itu tidak mau keluar melalui pintu itu, aku pun pernah mendengar bahwa tikus itu kalau sudah masuk dari tempatnya masuk begitu pula dia akan keluar melalui tempat yang sama, benarkah itu atau sudah hukum alamnya seperti itu ………?, karena mereka memang sang penyelinap yang ulung.

Batam,
06 Januari 2006.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: