• Berkas

  • Kategori

  • Foto Collection

    JERAPA BESI

    BLUE & WHITE

    SMILE

    BATMAN IN THE WATER

    BMW F1 Singapore

    Lebih Banyak Foto

KEAHLIAN ORANG INDIA

Selain memang diakui orang-orang India jago dalam dunia IT, jago dibidang perfileman, dunia textil, mereka juga ahli dalam bidang merancang dalam pembuatan tooling, yaitu alat yang digunakan dalam menghasilkan cetakan yang sesuai dengan benda-benda yang kita inginkan, baik itu berupa injection untuk barang plastic atau progressif tool untuk barang-barang metal.Hampir semua perusahaan yang pernah aku kunjungi dalam bidang ini, baik yang di Batam, Singapura ataupun Malaysia, juga menurut beberapa teman ku yang bekerja dikawasan JABOTABEK. sudah dapat dipastikan terdapat satu – dua orang India, baik itu dalam pen designan, ataupun proses pembuatannya.

Keahlian mereka dalam bidang ini memang tidak bisa diragukan lagi, sebagian perusahaan yang bergerak dibidang itu berani merekrut mereka langsung dari India, guna dipekerjakan dan dibayar mahal. Menurut mereka keahlian yang didapat dulunya memang dari sekolah, seperti Diploma atau Politeknik kalau di Indonesia.

Tapi perbedaanya dengan di negara kita mungkin sistem pengajaran atau ilmu yang diterapkan, karena dapat dilihat sebenarnya tenaga ahli madya dari beberapa Politeknik yang ada di negara kita sebenarnya nggak jauh berbeda, penerapan yang dianut mereka mulai sejak menginjak bangku sekolah sudah diajarkan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Banyak sekolah kekhususan dinegara kita, tapi mengapa tidak pernah muncul satu bidang yang sekiranya dapat membanggakan nama bangsa karena semua negara mengakui dan membutuhkan tenaga ahli kita, seperti sekolah pelayaran yang dulu memang sempat booming, hampir seluruh negara ASEAN mengakui itu, tapi sekarang seperti hilang ditelan jaman, nggak ada lagi negara itu memakai tenaga ahli kita.

Yang paling banyak sekarang untuk tenaga ahli hanya dalam bidang PRT, negara kaya seperti Singapura, Malaysia, Hongkong, ArabSaudi memang banyak membutuhkan orang-orang kita, tapi sampai kapan negara kita hanya mampu menyediakan tenaga ahli yang kebayakan PRT itu.

Sepertinya sudah saatnya pemerintah kita membuka dan menerepkan sistem pendidikan yang dapat diorientasikan keduania keahlian yang dapat membanggakan nama bangsa karena semua negara mengakuinya, seperti pernah dikutip oleh salah satu Menteri Tenaga Kerja.

Baru-baru ini aku baca di media untuk kedua kalinya Indonesia meraih juara satu untuk bidang perlombaan sain dan technologi, mengalahkan negara-negara seperti Rusia, bahkan India sendiri, selang beberapa waktu yang silam juga tak lepas anak bangsa ini mengharumkan nama bangsa lewat perolehan medali emas dalam perlombaan bidang Fisika.

Apa yang sebenarnya salah ?, usaha dibidang Dirgantara yang pernah juga dulu membanggakan kita, tapi kini apa yang terjadi, hanya menangis Pak Habibi bisa, usaha yang dirintis bertahun-tahun untuk membangun mental bangsa ini agar tidak jadi bangsa budak, bangsa kuli, tapi sekarang berapa ribu karyawan di PHK, akibat ulah segilitir orang, kepentingan Politik yang sekarang memang terkesan kebablasan.

Kembali lagi tentang keahlian orang India dibidang pertoolingan, seperti tak habisnya mereka menelorkan penerusnya, memang menjadi nilai income devisa bagi negara mereka, selain memang mengurangi jumlah pengangguran, sebenarnya langkah itu patut ditiru oleh bangsa kita. Tapi aku yakin suatu saat memang kita akan menyusul, kalau bisa dengan kereta api express, biar kalau pun ketinggalan nggak terlalu jauh, he…he…

Batam,
14, Dec 2005

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: